15 Cara Menata Dapur Apartemen Ukuran Kecil

dapur apartemen

Dapur apartemen mempunyai luas ruangan yang terbatas jika dibandingkan dengan rumah konvensional. Meski begitu, hal ini sebenarnya tidak menjadi penghalang asalkan Anda dapat menata dapur agar tetap rapi. 

Supaya bisa masak dengan tenang, kali ini Asthana Kemang akan membahas tentang bagaimana cara dan tips menata dapur apartemen. 

1. Sesuaikan Peralatan dengan Ukuran Dapur

Salah satu strategi efektif untuk menghemat ruang dan meningkatkan efisiensi di dapur Anda adalah dengan memilih peralatan yang berukuran kecil sesuai dengan ukuran dapur Anda. Contohnya, kompor dengan satu tungku dan oven listrik berukuran mini. Dengan demikian, dapur terasa lebih lapang dan fungsional.

2. Manfaatkan Penyimpanan Vertikal

Untuk ruangan sempit, Anda tidak bisa membuat rak dapur yang terlalu besar. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan penyimpanan vertikal. Buatlah rak yang menempel pada dinding. Dengan begitu, Anda tetap bisa menyimpan berbagai alat dapur tanpa membuatnya tampak sempit. 

3. Catat Ukuran Rak Sebelum Membeli Peralatan 

Mungkin saran ini terdengar tidak begitu familiar, tetapi patut dicoba. Ukur terlebih dahulu rak atau lemari penyimpanan di dapur sebelum Anda membeli peralatan masak, contohnya wajan dan panci. 

Langkah ini cukup penting untuk menghindari Anda membeli barang yang terlalu besar dan akhirnya justru membuat dapur semakin penuh karena alat masak yang sulit disimpan. 

4. Jaga Kerapian Ruangan 

Ruangan kecil tentu saja akan sangat menyusahkan apabila dalam keadaan berantakan. Oleh karena itu, ingatlah untuk selalu jaga kerapian dapur Anda. 

Dengan memastikan segala peralatan dan bahan dapur tersimpan dengan rapi, tidak hanya membuat ruangan terasa lebih luas, tetapi juga menciptakan suasana yang lebih menyenangkan dan efisien saat memasak atau beraktivitas di dapur.

5. Perhatikan Masa Kadaluarsa

Terkadang, kita tak menyadari bahwa kita terlalu banyak menumpuk bahan makanan seperti sarden kalengan dan mie instan di dapur sampai-sampai mendekati masa kadaluarsa. Tentu saja hal ini bisa membuat dapur kecil semakin berantakan. 

Selalu perhatikan masa kadaluarsa dari makanan Anda supaya dapur tidak menyimpan bahan makanan berlebih. 

6. Jangan Menumpuk Alat Masak

Tak hanya menumpuk makanan, perilaku yang sering tanpa Anda sadari lakukan adalah menumpuk berbagai peralatan masak di dapur. Akibatnya dapur terlihat semakin sempit. 

Dapur yang penuh sesak bisa menghambat proses memasak dan membuat Anda kurang motivasi untuk menghabiskan waktu di sana.

7. Integrasikan Pencahayaan Bawah Kabinet

Memasang beberapa lampu LED atau strip lampu pintar di bawah kabinet dapur Anda dapat memberikan kesan luas serta memudahkan Anda untuk menemukan peralatan masak yang berukuran kecil. Pencahayaan semacam ini juga menambah nilai estetika dengan menciptakan suasana yang hangat. 

8. Optimalkan Sudut Ruang 

Memaksimalkan setiap inci ruangan sampai ke sudut-sudutnya menjadi kunci untuk menciptakan ruang yang fungsional. Anda sebaiknya memasang kabinet sudut atau rak sudut. 

Kabinet atau rak jenis ini bisa menyediakan ruang penyimpanan tambahan untuk peralatan dapur, bumbu masak, atau bahkan sebagai tempat untuk menaruh peralatan kecil seperti coffee maker atau toaster. 

9. Pilih Peralatan Multifungsi

Sekarang ada banyak peralatan dapur yang multifungsi, contohnya saja alat pemotong sayur yang bisa juga dijadikan parutan. Keberadaan peralatan dapur multifungsi ini cukup ampuh untuk menghemat ruang penyimpanan serta menghemat waktu dan energi Anda ketika memasak. 

10. Gunakan Organizer dalam Laci 

Sebuah laci saja belum cukup untuk menata dapur, sebab kebanyakan orang sering merasa kesulitan saat mencari barang yang menumpuk di laci. Penggunaan organiser atau sekat khusus di dalam laci menjadi sangat penting untuk mengelompokkan dan menyimpan berbagai alat makan dan peralatan masak dengan rapi. 

Organiser di dalam laci memudahkan Anda untuk memisahkan item berdasarkan kategori, seperti sendok, garpu, pisau, spatula, dan benda kecil lainnya. Sehingga memudahkan pencarian dan pengambilan saat dibutuhkan.

11. Pilih Warna Terang 

Warna gelap memang memiliki daya tarik tersendiri karena kesan elegannya yang kuat. Namun dalam ruangan yang sempit, penggunaan warna gelap bisa berisiko membuat ruangan terasa lebih gelap dan sempit serta menimbulkan suasana yang penat. 

Sebaliknya, memilih warna-warna cerah seperti cream, coklat muda, atau putih dapat menjadi solusi yang cerdas untuk dapur Anda. Warna-warna terang ini memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya, sehingga membuat ruangan terasa lebih luas dan terang.

12. Manfaatkan Ruang Bawah Sink

Bagian bawah cucian piring atau sink seringkali terlupakan begitu saja. Padahal, Anda bisa memanfaatkannya sebagai penyimpanan barang mulai dari sikat botol  hingga stok sabun dan spons cuci piring. 

Untuk membuat area ini lebih terorganisir, gunakan rak atau keranjang penyimpanan yang bisa disesuaikan dengan ukuran ruang di bawah sink.

13. Pasang Magnetic Strip di Dinding

Magnetic strip bisa menjadi solusi yang sangat efektif untuk menata dapur kecil. Fungsi utamanya adalah menyimpan peralatan masak yang terbuat dari logam seperti pisau, atau spatula dengan cara menempelkannya pada strip khusus berbahan magnet. Anda dapat dengan mudah mengambil peralatan yang sering digunakan tanpa membuka laci.  

Menggunakan magnetic strip juga bisa menambah nilai estetika dapur. Sebab, Anda dapat menampilkan peralatan masak yang teratur di dinding serta memberikan kesan dapur yang profesional dan stylish. 

14. Rutin Lakukan Decluttering 

Untuk mengatasi masalah penumpukan barang di dapur apartemen, decluttering atau penyortiran barang menjadi langkah penting yang perlu dilakukan secara berkala.

Proses decluttering ini dimulai dari pengevaluasian barang dan benda yang ada untuk menentukan mana yang masih terpakai dan mana yang tidak lagi dibutuhkan. 

Barang-barang yang tidak terpakai, seperti peralatan dapur yang rusak, wadah penyimpanan tanpa tutup, atau alat dapur yang sudah tidak lagi digunakan, sebaiknya disingkirkan untuk membuka ruang dan menciptakan lingkungan yang lebih rapi dan terorganisir.

15. Sediakan Gantungan Khusus

Opsi lain yang bisa Anda pertimbangkan selain menyediakan rak vertikal yang menempel di dinding adalah menggunakan gantungan. Gantungan ini dapat menyimpan spatula, saringan, dan gelas yang sering Anda gunakan sehari-hari. 

Pemasangan gantungan biasanya berada di bawah kabinet. Namun, Anda juga bisa memasangnya di bagian sisi dapur yang lain seperti dekat wastafel cucian piring atau jendela. 

Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan bahwa dapur mungil di apartemen bukanlah hambatan. Dengan sedikit tips dan cara, dapur yang ukurannya tidak terlalu luas bisa menjadi fungsional layaknya dapur berukuran besar. 

Asthana menyediakan hunian apartemen modern di tengah kota Jakarta Selatan. Berbagai fasilitas seperti gym area, taman terbuka hijau dan sistem keamanan 24 jam mampu menunjang kenyamanan serta gaya hidup setiap penghuni yang ada. Hubungi Asthana Kemang dan temukan unit idaman Anda!