10 Tips Menyusun Dapur Apartemen Studio

dapur apartemen studio

Setiap sudut ruangan di apartemen studio sangatlah terbatas, termasuk dapurnya. Menyusun dapur apartemen studio sendiri cukup rumit bagi sebagian orang. Sebab ukurannya yang tidak terlalu luas. 

Anda yang memiliki apartemen studio tidak perlu bingung. Dengan metode yang tepat, dapur apartemen studio Anda bisa tetap fungsional serta estetis meskipun dalam ruang yang kecil.

Simak beberapa tips menyusun dapur apartemen studio berikut ini!

1. Pilih Kompor Satu Tungku

Di pasaran, ada banyak jenis kompor gas dengan berbagai macam tungku. Ada yang terdiri dari satu tungku sampai empat tungku.

Varian yang paling populer digunakan masyarakat sendiri adalah dua tungku. Karena dapur apartemen studio memiliki space yang tidak terlalu luas, sebaiknya Anda memilih kompor satu tungku saja.

Bentuk kompor gas satu tungku yang cenderung kecil dibandingkan kompor gas jenis lain. Anda pun masih bisa memasak berbagai hidangan tanpa mengorbankan terlalu banyak ruang.

2. Gunakan Peralatan Masak yang Mungil

Gunakan peralatan masak yang compact dan multifungsi untuk menghemat ruang. Misalnya, pilih blender, rice cooker, atau oven toaster yang berukuran kecil. 

Pemilihan ukuran peralatan masak yang kecil ini juga berkaitan dengan frekuensi memasak penghuni apartemen studio yang tidak terlalu sering atau tidak digunakan untuk memasak makanan dalam jumlah besar, mengingat kebanyakan penghuni apartemen studio merupakan eksekutif muda atau pasangan suami istri yang baru saja menikah. 

Anda juga dapat mempertimbangkan membeli peralatan dapur yang bisa digunakan untuk berbagai fungsi sekaligus, supaya Anda tidak perlu membeli peralatan dapur lain. 

3. Jangan Memumpuk Bahan Makanan

Kadang-kadang, tanpa kita sadari bahwa kita secara membeli bahan makanan terlalu banyak dan menyimpannya di dapur. Kebiasaan seperti ini bisa membuat dapur Anda terasa semakin sempit. Cobalah untuk membiasakan membeli makanan secukupnya, ya!

4. Beri Sekat Portable

Biasanya dapur di apartemen studio langsung terhubung ke ruangan lain tanpa ada sekat dinding yang memisahkan. Akibatnya, bau masakan bisa kemana-mana dan menimbulkan rasa tidak nyaman. 

Untuk memisahkan dapur dari area lain di apartemen studio, Anda bisa menggunakan sekat portable. Sekat ini tidak hanya memberikan privasi tetapi juga membantu mengurangi penyebaran bau masakan ke seluruh ruangan. Pilih sekat yang mudah dipindahkan dan disesuaikan dengan nuansa warna di apartemen. 

5. Selalu Ukur Sebelum Membeli Barang

Sebelum membeli perabotan atau aksesori dapur, pastikan Anda mengukur ruangan di dapur terlebih dahulu. Jangan lupa untuk membawa alat ukur sendiri saat berbelanja untuk memastikan semua barang yang dibeli pas dengan sempurna di dapur Anda.

Cara ini akan membantu Anda menghindari barang yang terlalu besar atau tidak sesuai dengan tata letak dapur. 

6. Maksimalkan Penggunaan Dinding

Menyimpan barang tidak selalu harus di rak atau lemari yang menempel pada dinding. Anda bisa memanfaatkan ruang vertikal dengan memasang rak dinding, gantungan untuk menggantung panci dan peralatan dapur lainnya. 

Dengan memanfaatkan penyimpanan vertikal, Anda tidak hanya hemat ruang, lho! Anda juga menjadi lebih mudah untuk mengambil peralatan memasak yang sering digunakan setiap hari. 

7. Simpan Barang yang Jarang Dipakai 

Jika barang yang sering Anda gunakan ada baiknya disimpan di gantungan supaya gampang diambil ketika hendak digunakan, maka barang yang jarang digunakan lebih baik disimpan dalam lemari atau rak. Alhasil, dapur terasa lebih longgar karena tidak dipenuhi oleh barang-barang yang tidak terlalu sering digunakan. 

8. Manfaatkan Sudut Ruangan

Sudut ruangan seringkali terabaikan. Padahal, bagian sudut ruang ini sangat berguna sebagai tempat penyimpanan jika dioptimalkan dengan baik. 

Manfaatkan rak sudut atau lemari sudut untuk menyimpan panci atau alat masak lain yang jarang Anda gunakan. Rak sudut tidak hanya menambah ruang penyimpanan tetapi juga dapat menambah elemen dekoratif pada dapur Anda. 

9. Manfaatkan Penyimpanan di Bawah Sink 

Titik lain yang seringkali terabaikan adalah ruang di bawah sink. Tempat kosong ini dapat Anda pergunakan sebagai penyimpanan tambahan. 

Jika Anda khawatir barang akan berserak tidak teratur, Anda bisa menggunakan rak atau laci tarik. Jenis barang yang biasanya disimpan di bawah sink contohnya peralatan pembersih, sabun cuci piring, kantong plastik, atau barang-barang lain yang sering digunakan di dapur. 

10. Rutin Melakukan Decluttering

Untuk menjaga dapur Anda tetap rapi dan terorganisir, bersihkan dan sortir barang-barang dapur secara rutin. Buang atau sumbangkan peralatan yang sudah tidak digunakan untuk menghindari penumpukan barang yang tidak perlu. 

Dengan melakukan penyortiran secara berkala, Anda dapat menjaga dapur Anda tetap bersih, rapi, dan fungsional, yang pada akhirnya akan meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam memasak.

Keterbatasan tempat bukan berarti menjadi penghalang untuk memiliki dapur nyaman dan fungsional. Beberapa tips menyusun dapur apartemen studio di atas dapat Anda coba dan disesuaikan dengan kebutuhan.  

Asthana Kemang mampu menjawab kebutuhan Anda untuk menemukan hunian apartemen terbaik di tengah Jakarta Selatan. Di Asthana Kemang, terdapat unit tipe studio dengan fasilitas balkon pribadi dan berbagai fasilitas mewah lain seperti kolam renang dan jogging track yang mendukung gaya hidup Anda. Hubungi Asthana Kemang untuk informasi lebih lanjut!