Kiat Memaksimalkan Fungsi Balkon Apartemen

balkon-apartemen

Balkon apartemen acapkali hanya dianggap sebagai tambahan ruang yang tidak terpakai. Namun, dengan sedikit kreativitas dan perencanaan, balkon dapat diubah menjadi ruang multifungsi yang menambah nilai estetika dan fungsionalitas pada hunian. 

Inilah beberapa kiat untuk memaksimalkan fungsi balkon apartemen Anda. Ikuti pembahasannya sampai habis, ya! 

1. Sulap Menjadi Area Makan

Mengubah balkon Anda menjadi area makan outdoor bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menikmati makanan sambil merasakan udara segar. Pasang meja dan kursi yang nyaman, tambahkan taplak meja, dan beberapa tanaman untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. Area makan outdoor ini ideal untuk sarapan di pagi hari atau makan malam romantis di bawah bintang.

2. Jadikan Sudut Membaca

Balkon bisa menjadi tempat peristirahatan yang sempurna untuk menikmati buku favorit Anda. Tambahkan kursi santai atau hammock, bantal yang empuk, dan lampu baca untuk menciptakan sudut membaca yang nyaman. Dengan suasana yang tenang, Anda bisa tenggelam dalam halaman buku tanpa terganggu.

3. Taman Mungil Nan Asri

Memanfaatkan balkon sebagai taman mungil memberikan kesegaran visual dan udara yang lebih bersih. Ada banyak tanaman yang cocok untuk ditanam di apartemen. Gunakan pot atau rak tanaman untuk menanam bunga, tanaman hias, atau bahkan sayuran dan rempah-rempah.

4. Tempat Ngopi di Pagi Hari

Buat ritual pagi Anda lebih istimewa dengan menikmati secangkir kopi di balkon. Ritual pagi seperti ini dapat membantu menetapkan nada positif untuk hari Anda, memberikan energi dan ketenangan untuk memulai aktivitas dengan hati yang lebih gembira dan pikiran yang lebih jernih.

Agar semakin nyaman layaknya di coffee shop, letakkan kursi dan meja kecil serta tanaman hias.

5. Rajin Dibersihkan

Untuk memastikan balkon selalu nyaman digunakan, penting untuk menjaganya tetap bersih. Bersihkan lantai balkon secara rutin agar selalu terlihat segar dan menarik.

Perabotan di balkon juga memerlukan perhatian khusus. Bersihkan meja, kursi, atau furnitur lainnya dengan lap yang lembab untuk menghilangkan debu dan kotoran. 

Gunakan pembersih yang sesuai dengan material furnitur Anda untuk menjaga kondisinya tetap baik. Jika menggunakan bantal atau kain pelapis, pastikan untuk mencucinya secara teratur agar tetap segar dan bebas dari kotoran atau jamur.

6. Pasang Lampu Kecil 

Pencahayaan yang tepat dapat mengubah balkon Anda menjadi ruang yang comfy. Oleh karena itu, sebaiknya pilih lampu gantung yang akan menambahkan sentuhan elegan. 

Anda pun dapat memilih lampu tali yang dapat memberikan suasana yang lembut dan nyaman. Sehingga menciptakan lingkungan yang ideal untuk bersantai di malam hari. 

Berdasarkan ulasan ini, dapat disimpulkan jika balkon mungil di apartemen Anda bisa diubah menjadi space multiguna dengan sedikit kreativitas. Namun, selalu pastikan terlebih dahulu tentang peraturan penggunaan balkon kepada pihak pengelola apartemen agar pemanfaatan yang akan dilakukan tidak melanggar regulasi. 

Asthana Kemang menyediakan unit apartemen dengan berbagai tipe, mulai dari 1BR, 2BR, sampai 3BR. Semua jenis unit di Asthana Kemang memiliki balkon apartemen dengan view perkotaan Jakarta Selatan yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan.