8 Tips Menyusun Ruang Tamu di Apartemen

ruang tamu apartemen

Memiliki hunian unit apartemen menjadi pilihan yang praktis dan tepat bagi Anda yang hidup di kota-kota besar seperti Jakarta. Namun, sebuah ruang tamu apartemen biasanya tidaklah terlalu besar. 

Keterbatasan ruang bukanlah menjadi penghalang untuk memiliki tempat beristirahat yang nyaman dan estetik. Di bawah ini, kami akan mengulas tentang bagaimana cara menyusun ruang tamu di apartemen. 

1. Pilih Furnitur yang Tidak Terlalu besar

Gunakan furnitur yang proporsional dengan ukuran ruang tamu Anda. Ada baiknya pilih jenis furniture dengan ukuran yang tidak terlalu besar. 

Contohnya sofa berukuran lebih kecil atau sofa sudut yang dapat memberikan lebih banyak tempat duduk tanpa memakan banyak ruang. 

Menempatkan furnitur di sudut ruangan atau menggunakan layout yang simetris dapat membantu menciptakan keseimbangan dan membuat ruangan terasa lebih terbuka.

Tak lupa, hindari untuk meletakkan furnitur di jalan masuk dan keluar ruangan. 

2. Gunakan Cermin untuk Ciptakan Kesan Luas

Cermin tidak hanya berfungsi sebagai elemen dekoratif, lho! Sebuah cermin juga dapat memantulkan cahaya, baik itu cahaya alami dari jendela atau cahaya dari lampu. 

Ketika cahaya dipantulkan oleh cermin, ruangan akan terasa lebih cerah dan lebih terbuka.

3. Pilih Warna yang Cerah

Warna-warna terang dapat membuat ruang terasa lebih terbuka dan lapang. Anda dapat mencoba warna netral seperti putih, krem, atau abu-abu muda. Warna-warna ini juga membantu elemen dekoratif lainnya tampak lebih menonjol.

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan aksen warna melalui dekorasi atau furnitur untuk memberikan ciri khas pada ruang.

4. Pertimbangkan furnitur Multifungsi

Di samping ukuran furnitur, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memilih furnitur yang bisa berfungsi ganda. Misalnya, sofa kecil dengan ruang penyimpanan di dalamnya atau sofa bed yang bisa digunakan sebagai tempat tidur tambahan ketika Anda memiliki tamu yang menginap.

5. Pencahayaan yang Tepat

Gunakan berbagai sumber cahaya untuk menciptakan suasana yang hangat dan mengundang. Lampu gantung, lampu lantai, dan lampu meja dapat membantu mendistribusikan cahaya secara merata di seluruh ruang tamu Anda. 

6. Dekorasi Vertikal

Siapa bilang ruang tamu mungil tidak bisa didekor dengan menarik? Untuk ruang tamu apartemen, gunakan lukisan atau berbagai jenis pajangan yang dapat menambah keindahan tanpa memakan lantai.

Akan tetapi, terlalu banyak dekorasi bisa membuat ruang tamu terasa sesak dan berantakan. Pilih dekorasi dengan cermat untuk menjaga ruang tetap rapi dan terorganisir.

7. Buat Ruang Seakan-akan Menyambung dengan Ruangan Lain 

Biasanya, beberapa ruang tamu di apartemen langsung tersambung dengan ruangan lain seperti dapur atau bahkan ruang kerja. 

Agar tidak terlalu tampak berbeda jauh, buatlah ruang tamu Anda seakan-akan masih menyatu dengan ruang lain dengan cara menyamakan nuansa dekorasi dan cat dinding ruang lain tersebut dengan ruang tamu atau sebaliknya. 

8. Perhatikan View ke Luar 

Apabila ruang tamu di unit apartemen Anda memiliki view ke arah luar, sebaiknya letakkan sofa ke arah atau di dekat view tersebut. 

Dengan cara ini, Anda bersama keluarga atau kolega yang berkunjung dapat berbincang hangat sembari memandang pemandangan indah di luar sana. 

Asthana menyediakan hunian apartemen modern di tengah kota Jakarta Selatan. Berbagai fasilitas seperti gym area, taman terbuka hijau dan sistem keamanan 24 jam mampu menunjang kenyamanan serta gaya hidup setiap penghuni yang ada. Hubungi Asthana Kemang dan temukan unit idaman Anda!