Berbagai Tipe Apartemen yang Perlu Anda Kenali

tipe apartemen

Ada berbagai tipe apartemen yang tersedia di pasaran. Namun, belum tentu semuanya mampu mengakomodir kebutuhan Anda. Penting untuk memahami setiap jenisnya agar Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Berikut adalah penjelasan tentang berbagai tipe atau jenis apartemen yang umum ditemui:

1. Apartemen Studio

Apartemen studio adalah pilihan populer bagi para lajang atau pasangan tanpa anak. Tipe ini memiliki satu ruangan besar yang berfungsi sebagai ruang tamu, kamar tidur, dan dapur.

Biasanya, apartemen studio memiliki ukuran yang compact dan tidak terlalu luas. Sehingga cocok ditinggali oleh seseorang yang ingin menjalani gaya hidup minimalis.

2. Apartemen Loft

Sebuah unit apartemen loft memiliki langit-langit yang tinggi. Jenis ini cukup langka di Indonesia namun cukup umum di luar negeri. Umumnya jenis apartemen ini merupakan gedung bekas industri yang telah dialihfungsikan sebagai tempat tinggal.

3. Apartemen Convertible

Jenis apartemen convertible adalah apartemen yang sekat-sekat ruangnya bisa dibuka dengan bebas. Sehingga setiap ruangan dapat dengan mudah diubah atau dibagi menjadi ruangan tambahan. Anda pun jadi lebih fleksibilitas dalam menata ruang sesuai kebutuhan.

4. Apartemen Alcove Studio

Apartemen alcove sedikit mirip dengan jenis studio. Bedanya, terdapat ruang tambahan yang tidak terlalu luas di bagian samping.

Ruang tambahan ini membentuk layout “L” pada ruangan. Beberapa orang menggunakan ekstra space tersebut sebagai kamar tidur atau ruang multifungsi lainnya.

5. Apartemen 2 Bedroom

Sesuai namanya, apartemen 2 bedroom memiliki dua kamar di dalamnya yang terpisah dari ruang tamu. Apartemen 2 bedroom ini cukup luas jika dibandingkan dengan apartemen studio.

Oleh karena itu, jenis apartemen yang satu ini lebih cocok diperuntukkan bagi pasangan dengan satu anak.

6. Apartemen 3 Bedroom

Selanjutnya ada apartemen 3 bedroom yang mempunyai tiga kamar tidur di dalamnya. Apartemen 3 bedroom tentu saja memiliki ruang yang paling luas jika disandingkan dengan jenis studio dan 2 bedroom.

Beberapa kamar di apartemen 3 bedroom bisa diperuntukkan sebagai kamar anak atau ruang kerja.

7. Apartemen Low Rise

Apartemen low rise merujuk pada bangunan apartemen yang tidak terlalu tinggi, hanya berkisar antara dua hingga empat lantai.

Keunggulan utama dari apartemen jenis ini adalah suasana yang lebih intim dan tenang dibandingkan dengan apartemen bertingkat tinggi.

8. Apartemen Mid Rise

Sementara itu, apartemen mid rise terdiri dari lima hingga sepuluh lantai. Tipe apartemen ini menawarkan keseimbangan yang sempurna antara privasi dan aksesibilitas.

9. Apartemen High Rise

Apartemen high rise merujuk pada bangunan apartemen yang tinggi, biasanya lebih dari sepuluh lantai. Keunggulan utama dari apartemen jenis ini adalah pemandangan panorama kota atau pemandangan alam yang luas.

10. Apartemen Duplex

Apartemen duplex adalah jenis hunian yang unik, sebab apartemen ini mempunyai dua lantai ruang yang terhubung dengan tangga internal.

Ciri khas utama dari apartemen ini adalah desainnya yang seperti rumah. Anda akan merasa seakan-akan tinggal di rumah tapak konvensional.

Kelebihan dari apartemen duplex terletak pada pemisahan ruang yang jelas antara area umum seperti ruang tamu, dapur, ruang makan, serta kamar tidur.

11. Apartemen Triplex

Konsep apartemen triplex mirip dengan apartemen duplex. Hanya saja ditambah dengan satu lantai lagi di atasnya yang bisa diakses dengan tangga internal. Hal ini menjadikan apartemen triplex adalah jenis hunian yang cukup unik dan mewah.

12. Apartemen Penthouse

Keunggulan utama dari apartemen penthouse adalah pemandangannya. Berada di lantai teratas, penghuni bisa menikmati panorama kota atau pemandangan alam tanpa halangan.

Luas ruang dari apartemen penthouse tergolong cukup luas dilengkapi dengan desain mewah dan fasilitas premium yang berbeda dengan unit apartemen lain di bawahnya.

Sedangkan dari aspek suasana, apartemen penthouse pun juga jauh lebih tenang dikarenakan unitnya yang berada paling atas dan jauh dari keramaian penghuni apartemen yang lain.

Itulah berbagai jenis tipe apartemen, mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling mewah. Setiap tipe apartemen memiliki keunikan dan kelebihannya masing-masing. Untuk memilih mana yang tepat bagi Anda, cobalah pertimbangkan gaya hidup, kebutuhan, dan anggaran.

Wujudkan hunian impian Anda bersama Apartemen Asthana Kemang. Mengusung desain modern yang berpadu dengan sentuhan tradisional Indonesia, Asthana Kemang dapat menjadi tempat tinggal yang nyaman di tengah Jakarta Selatan.

Asthana Kemang menyediakan berbagai unit apartemen sesuai kebutuhan, mulai dari tipe 1 bedroom untuk Anda yang tinggal seorang diri atau pasangan suami istri serta tipe 2 bedroom dan 3 bedroom yang cocok untuk keluarga kecil. Hubungi Asthana Kemang dan temukan unit idaman Anda!