10 Tips Dekorasi Apartemen untuk Pemula

dekorasi apartemen

Dekorasi apartemen bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menantang, terutama bagi pemula. Luas ruangan yang tidak selebar rumah tapak pun patut dipertimbangkan agar unit apartemen Anda tidak sesak dengan berbagai perabotan. 

Namun jangan cemas, Asthana Kemang punya beberapa tips dekorasi untuk Anda yang baru saja tinggal di unit apartemen. Simak bersama di bawah ini! 

1. Jangan Takut untuk Bereksperimen

Tidak ada aturan baku dalam mendekor sebuah ruangan. Oleh karena itu, jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan bereksperimen dengan berbagai elemen. 

Yang terpenting, buatlah ruangan senyaman mungkin serta mencerminkan kepribadian Anda. Dekorasi hunian yang baik adalah dekorasi yang mampu membuat Anda merasa betah. 

2. Cari Referensi Sebanyak Mungkin

Supaya tidak bingung, Anda dapat mulai melakukan riset dan mencari referensi sebanyak mungkin sebelum mendekorasi. Referensi bisa Anda dapatkan melalui internet atau media cetak. 

Kemudian, barulah Anda memilih tema atau gaya yang Anda inginkan sesuai kepribadian atau preferensi personal. Macam-macam tema dekorasi yang belakangan cukup populer adalah minimalis, skandinavia, atau bohemian. 

3. Pikirkan Tentang Tata Letak

Peletakan perabotan merupakan salah satu aspek krusial untuk menciptakan ruang fungsional sekaligus nyaman. Maka dari itu, susun perabotan dengan mempertimbangkan jalur Anda keluar masuk di dalam ruangan. 

Agar menemukan layout yang paling tepat, cobalah berbagai tata letak hingga Anda menemukan yang paling baik. Jangan ragu untuk memindahkan perabotan beberapa kali hingga menemukan posisi yang paling ideal. 

Pastikan ada ruang yang cukup untuk bergerak dan hindari menempatkan perabotan terlalu dekat dengan pintu atau jendela.

4. Pilih Warna Netral

Warna dapat sangat mempengaruhi suasana ruangan. Gunakan warna basic dan netral seperti putih, abu-abu, atau beige. Warna-warna tersebut dapat membuat ruangan terasa lebih luas dan tenang. Jenis warna netral juga memudahkan Anda untuk mengganti tema dekorasi di lain hari tanpa harus melakukan perubahan besar. 

Selanjutnya, tambahkan sentuhan warna cerah melalui aksesori, misalkan bantal, karpet, atau lukisan. Penambahan barang-barang ini berguna untuk memberikan karakter pada ruangan. 

5. Maksimalkan Cahaya Alami

Cahaya alami dapat membuat ruangan terasa lebih luas dan segar. Sebaiknya jangan meletakan perabotan besar di dekat jendela supaya cahaya yang masuk tidak terhalang. Manfaatkan cermin di dinding agar cahaya dapat memantul dan  membuat ruangan tampak terlihat lebih besar.

6. Gunakan Perabotan Multifungsi

Luas ruangan apartemen biasanya memang tidak terlalu luas, terutama apartemen jenis studio. Akali keterbatasan ruang dengan cara menggunakan perabotan yang memiliki lebih dari satu fungsi. 

Contohnya, tempat tidur dengan laci penyimpanan, meja kopi yang bisa diubah menjadi meja makan, atau sofa yang bisa diubah menjadi kasur untuk tamu. 

Manfaat perabotan multifungsi tidak hanya dapat menghemat ruangan, namun turut membantu untuk menyimpan barang dengan rapi dan terorganisir.

7. Jangan Lupakan Tanaman

Tanaman bisa memberikan kesan asri dan hidup pada ruangan. Tentukan tanaman indoor yang mudah dirawat, misalnya saja kaktus atau succulent.

Di samping tanaman indoor, Anda dapat pula meletakkan tanaman di  balkon apartemen. Tanaman balkon apartemen yang cantik dan mudah dirawat cukup beragam, ada lidah mertua dengan kemampuan untuk membantu meningkatkan kualitas udara dan bunga lily yang dapat memperindah unit Anda. 

8. Hati-hati Saat Membeli Barang 

Kadang kala, banyak orang yang terlalu excited saat merencanakan dekorasi ruangan, dan akhirnya membeli terlalu banyak barang yang sebenarnya tidak diperlukan atau tidak muat di unit apartemen Anda. Tentu sayang sekali jika banyak barang yang tidak terpakai, bukan?  

Sebenarnya, lebih baik Anda hanya membeli barang berkualitas unggul yang sesuai dengan tema dekorasi. Jangan tergoda untuk membeli barang hanya karena harganya murah. Membeli barang tanpa pertimbangan yang matang hanya akan membuat ruangan menjadi penuh. 

Tak hanya itu, jangan lupa untuk mengukur barang yang Anda beli agar sesuai dengan ukuran ruangan dan tidak membuat unit Anda terasa sesak.

9. Pajang Lukisan atau Foto 

Berikan sentuhan personal untuk dekorasi, Anda bisa memajang lukisan atau foto di dinding. Susun pajangan dinding dengan rapi dan harmonis agar menambah estetika ruangan tanpa membuatnya terlihat berantakan. 

Pajangan yang mengandung unsur personal dapat membuat Anda semakin nyaman dan betah berlama-lama di apartemen. 

10. Pertimbangkan Jasa Desain Interior 

Jika Anda merasa kesulitan atau masih tidak yakin dengan cara mendekorasi apartemen, pertimbangkan untuk menggunakan jasa desain interior. Seorang desainer interior profesional dapat membantu Anda merencanakan dan mewujudkan dekorasi impian Anda dengan lebih efisien. 

Para designer umumnya pun akan memberikan insight mengenai tata letak, pemilihan warna, dan perabotan yang sesuai. 

Itulah pembahasan singkat tentang tips dekorasi apartemen. Tidak dipungkiri, tinggal di apartemen memberikan kenyamanan dan gaya hidup modern dengan akses mudah ke berbagai fasilitas.

Asthana Kemang mampu menjawab kebutuhan Anda untuk menemukan hunian apartemen terbaik di tengah Jakarta Selatan. Di Asthana Kemang, terdapat unit tipe studio, 2 bedroom, atau 3 bedroom yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi tim Asthana Kemang sekarang!