Tips Dekorasi Apartemen Studio Agar Nyaman & Terlihat Luas

dekorasi apartemen studio

Apartemen studio lekat dengan kesan sempit dengan suasana yang itu-itu saja. Padahal, dengan sedikit dekorasi dan pemilihan furniture yang tepat, space ruangan yang terbatas bisa tampak lebih lega, lho! Simak ulasan lengkap apartemen studio di bawah ini!

1. Kenali Gaya dan Estetika Idaman Anda

Meski luas ruangnya terbatas, apartemen Anda merupakan tempat untuk beristirahat dan bersantai. Itu sebabnya Anda perlu memahami terlebih dahulu gaya atau referensi estetika seperti apa yang Anda inginkan.

Apakah Anda ingin ruangan yang memiliki sentuhan hangat atau modern? Karena penelitian ini akan berpengaruh pada step dekorasi berikutnya.

2. Memanfaatkan Furnitur Multifungsi

Memanfaatkan setiap sudut ruangan secara efisien adalah kunci dalam mendekorasi apartemen studio. Gunakan furnitur multifungsi seperti sofa bed yang bisa Anda gunakan untuk duduk bersantai atau tidur di malam hari.

Atau, bisa juga gunakan meja makan yang bisa dilipat supaya tidak memakan tempat di ruangan Anda.

3. Maksimalkan Tempat Penyimpanan

Penyimpanan yang efisien sangat penting dalam apartemen studio. Membangun penyimpanan tersembunyi dan menggunakan unit penyimpanan built-in dapat membantu menjaga ruangan tetap rapi dan terorganisir.

Anda bisa juga memanfaatkan ruang vertikal untuk menambah ruang penyimpanan tanpa mengorbankan ruang lantai.

4. Pilih Warna Netral Atau Terang

Tahukah Anda jika memadukan atau memilih warna tertentu dapat membuat sebuah ruangan justru tampak terlihat sempit. Inilah sebabnya Anda perlu berhati-hari saat menentukan warna cat ruangan.

Sebaiknya pilih warna netral yang bisa dipasangkan dengan berbagai macam warna, atau gunakan warna terang untuk memberikan kesan lapang pada ruangan.

5. Jangan Simpan Terlalu Banyak Barang

Apartemen studio dirancang khusus untuk individu atau maksimal dua orang. Membawa barang yang terlalu banyak akan membuat ruangan apartemen menjadi berantakan.

Anda disarankan untuk tidak menyimpan barang seperti pakaian dan tas terlalu banyak. Jika barang Anda terlalu banyak, nantinya Anda akan kebingungan sendiri bagaimana cara menyimpannya. Barang yang disimpan asal-asalan cenderung mudah rusak, lho!

6. Gunakan Sistem Pencahayaan yang Tepat

Menggunakan berbagai sumber cahaya, dari lampu gantung hingga lampu meja, dapat menciptakan lapisan pencahayaan yang menambah kedalaman dan dimensi ruangan.

Sistem pencahayaan yang dapat disesuaikan juga membantu Anda untuk mengubah suasana ruangan sesuai dengan kebutuhan.

7. Integrasikan Ruang dan Fungsi

Jika Anda tinggal di apartemen studio, sangatlah penting untuk mengintegrasikan berbagai fungsi dalam ruangan yang terbatas. Misalkan, ruang tamu bisa juga berfungsi sebagai area kerja atau ruang makan.

Dengan demikian kegiatan sehari-hari tetap berjalan lancar di ruang yang tidak terlalu luas.

8. Gunakan Dipan Kasur yang Tidak Terlalu Tinggi

Dipan kasur yang rendah dapat memberikan ilusi ruangan yang lebih luas dan terbuka. Hal ini karena ketinggian yang lebih rendah tidak memblokir pandangan dan membuat plafon terasa lebih tinggi. Di sisi lain, dipan kasur yang rendah juga dapat memberikan kesan minimalis.

9. Tambahkan Dekorasi Personal

Barang-barang seperti karya seni, foto, atau koleksi pribadi dapat menambah karakter dan membuat ruangan terasa lebih homey. Maka, jangan ragu untuk menambahkan sentuhan pribadi dengan memajang foto bersama teman atau benda koleksi pribadi.

Akan tetapi, pajanglah benda pribadi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

10. Gunakan Partisi Portable

Ruangan apartemen studio biasanya tidak memiliki pembatas antar ruang. Bagi sebagian orang, mungkin hal ini cukup mengganggu karena tidak adanya privasi. Anda bisa mengakalinya dengan cara menggunakan partisi portable.

Gunakan partisi portable untuk memisahkan ruangan tertentu, misalkan ruang makan dan tempat tidur saat Anda ingin beristirahat. Lipat dan pinggirkan partisi jika sudah tidak digunakan.

11. Letakkan Cermin Panjang Full-Body

Trik ilusi memperluas ruangan berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan menggunakan cermin full body. Cermin dengan bentuk panjang ini tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk berdandan, tapi juga bisa menciptakan kesan ruang yang lebih luas.

Saat ditempatkan secara strategis, misalnya di seberang jendela atau di samping sumber cahaya alami, cermin akan merefleksikan cahaya dan pemandangan. Sehingga memberikan kesan ruangan yang lebih terbuka dan lapang.

12. Perhatikan Area Jendela

Jendela bukan hanya sumber cahaya alami yang penting, tetapi juga menambah kesan ruangan yang lebih lega. Maka, jangan letakkan barang yang dapat menutupi jendela dengan furnitur besar atau dekorasi berlebihan.

Anda juga bisa meletakkan karpet kecil dan kursi dengan ukuran sedang di dekat jendela. Manfaatkanlah area jendela ini untuk spot membaca buku, bekerja, atau bersantai sejenak.

13. Tambahkan Tanaman Hias

Jika memungkinkan, Anda pun dapat meletakkan tanaman hias mungil yang bisa mempercantik ruangan. Jenis tanaman yang Anda bisa coba adalah kaktus dengan pot warna-warni. Selain itu, kehadiran tanaman hijau dapat memberikan efek relaksasi dan menenangkan, terutama untuk mengurangi stres sehari-hari setelah bekerja.

14. Pilih Skala Furniture yang Pas

Memilih perabotan yang terlalu besar atau berlebihan bisa membuat ruangan terasa sempit dan sesak. Sebaliknya, furniture yang proporsional dengan ukuran ruangan akan menciptakan keseimbangan dan memberikan kesan ruang yang lebih luas dan teratur.

Pilih sofa ukuran kecil atau medium yang nyaman, atau meja makan lipat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Pertimbangkan pula untuk menggunakan furniture yang bisa disimpan atau dilipat ketika tidak digunakan untuk menghemat ruang.

15. Jaga Kerapian Apartemen

Semahal dan sebagus apapun furniture dan dekorasi yang Anda gunakan, akan sia-sia belaka jika kerapatannya tidak terjaga. Setiap item harus memiliki tempatnya sendiri untuk menghindari kesan berantakan. Mulailah dengan rutin membersihkan dan merapikan barang-barang setelah digunakan.

Berdasarkan ulasan singkat di atas, keterbatasan ruang bukanlah halangan untuk tinggal. Ada berbagai cara untuk meningkatkan fungsional ruang, menambah suasana hangat, serta menambahkan kesan luas di ruangan apartemen studio.

Asthana Kemang menawarkan apartemen unit studio di tengah jantung Jakarta Selatan, Kemang. Unit ini dilengkapi dengan dapur fungsional untuk menunjang aktivitas harian Anda. Terdapat pula balkon pribadi yang bisa Anda gunakan untuk menikmati pemandangan wilayah perkotaan. Hubungi Asthana Kemang dan temukan unit idaman Anda!