Memahami Luas Apartemen Sesuai dengan Tipenya

luas apartemen

Ukuran atau luas ruangan adalah hal krusial lain yang perlu Anda pelajari sebelum membeli sebuah unit apartemen. Luas apartemen sendiri berbeda-beda, tergantung pada jenisnya. 

Jenis apartemen yang cukup umum dan banyak diminati masyarakat adalah tipe studio, 2 bedroom, dan 3 bedroom. Masing-masing jenis ini mempunyai luas dan layout yang berbeda. Agar tidak bingung, Asthana Kemang akan menerangkan tentang serba-serbi luas apartemen yang populer di Indonesia. 

Studio Room Atau One Bedroom 

Apartemen tipe studio room adalah jenis apartemen yang paling kecil, dengan rata-rata luas hanya 20-35 meter persegi. Biasanya apartemen studio terdiri dari ruang bersantai atau ruang tamu kecil, dapur, toilet, balkon, dan kamar tidur. 

Karena luas yang terbatas inilah membuat tipe studio lebih sering digunakan para eksekutif muda yang tinggal seorang diri, mahasiswa, atau pasangan suami istri tanpa anak. 

Tipe apartemen studio pun terbagi lagi menjadi dua jenis, yakni apartemen studio dengan kamar tidur yang terhubung dengan ruang santai dan dapur mini serta apartemen 1 bedroom (1BR) yang memiliki kamar tidur terpisah. Namun dari segi luas dan layout, tipe studio dan one bedroom tidaklah jauh berbeda. 

2 Bedroom

Selanjutnya ada tipe apartemen 2 bedroom (2BR). Sesuai namanya, apartemen ini terdiri dari dua kamar tidur dengan rata-rata luas berkisar 40-60 meter persegi. Meski begitu, tak jarang ada pula apartemen 2BR yang luasnya lebih dari ukuran rata-rata tersebut. 

Bagian dari apartemen 2BR terdiri dari satu kamar tidur utama, satu kamar tidur, kamar mandi, ruang tengah, dapur, dan balkon. 

Apartemen tipe 2BR cukup diminati oleh keluarga kecil dengan satu anak atau seorang profesional yang membutuhkan ruangan ekstra di huniannya. Ruangan ekstra ini bisa dijadikan studio musik atau ruang kerja pribadi. 

3 Bedroom

Tipe apartemen 3 bedroom (3BR) cukup besar dibandingkan tipe apartemen sebelumnya. Apartemen 3 BR memiliki luas berkisar lebih dari 60 meter persegi. 

Selain ukuran yang lebih luas, apartemen 3 BR mempunyai keunggulan pada ekstra kamar tidur. Ruangan yang ada di apartemen apartemen 3BR meliputi satu kamar tidur utama, tambahan dua kamar tidur berukuran sedikit lebih kecil, ruang tengah, kamar mandi, dan dapur.

Akan tetapi, harga apartemen 3BR paling mahal jika disandingkan dengan tipe studio dan 2 bedroom.

Jadi, Unit Mana yang Sebaiknya Anda Pilih? 

Setelah menyimak ulasan terkait luas apartemen barusan, pasti Anda berpikir soal unit mana yang sebaiknya Anda pilih. Memilih tipe apartemen yang tepat sangat tergantung pada kebutuhan, kemampuan finansial dan preferensi Anda. 

Apartemen tipe studio cocok bagi individu dinamis atau pasangan yang mencari hunian dengan biaya lebih terjangkau dan tidak memerlukan banyak ruang.  

Sementara itu, apartemen 2 bedroom dengan dua kamar tidur adalah pilihan tepat untuk pasangan yang membutuhkan ruang tambahan, keluarga kecil, atau individu yang memerlukan ruang kerja pribadi yang tenang dan privat.  

Sedangkan apartemen 3 bedroom cocok untuk keluarga dengan satu atau dua anak yang mulai beranjak remaja, di mana mereka butuh kamar sendiri yang nyaman plus tenang. 

Asthana Kemang mampu memenuhi kebutuhan Anda untuk menemukan unit apartemen yang paling sesuai. Berada di Kemang, Jakarta Selatan, Asthana menawarkan berbagai jenis unit apartemen untuk mengakomodir gaya hidup Anda. 

Terdapat unit 1 bedroom seluas 32,20 meter persegi (m²), 2BR mulai 54,21m² hingga 73,76m² serta 3BR dengan luas 102,77m² hingga 107,17m² dengan desain mewah dan estetik.

Desain ini terinspirasi dari paduan keunikan Batik Kawung bergaya modern demi menciptakan hunian yang artistik. Hubungi tim marketing Asthana Kemang untuk informasi selengkapnya.