15 Panduan Cara Beli Apartemen untuk First Buyer 

cara beli apartemen

Membeli apartemen adalah keputusan besar yang memerlukan pertimbangan matang, terutama jika Anda membelinya untuk pertama kali. Ada banyak aspek yang harus diperhatikan agar dapat berjalan dengan aman dan lancar. Supaya tidak bingung, simaklah ulasan singkat tentang cara beli apartemen, mulai dari tahap awal hingga akhir di bawah ini!  

1. Tentukan Anggaran

Langkah pertama dalam membeli apartemen adalah menentukan anggaran yang realistis. Evaluasi keuangan Anda dengan cermat, termasuk pendapatan, pengeluaran, dan tabungan yang tersedia. Jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya lain seperti pajak, biaya notaris, dan biaya lain. 

2. Pilih Lokasi yang Tepat

Lokasi apartemen adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan. Pilih lokasi yang sesuai dengan gaya hidup. Beberapa aspek yang perlu diperhatikan adalah akses transportasi umum serta keamanan lingkungan tempat apartemen berada. 

Dengan begitu, mobilitas Anda sehari-hari akan berjalan lancar dan juga meningkatkan nilai unit apartemen Anda yang bisa Anda jadikan investasi di masa depan.

3. Lakukan Riset 

Riset pasar adalah langkah krusial dalam membeli apartemen. Teliti harga apartemen di lokasi yang Anda minati dan bandingkan antara satu apartemen dengan apartemen lainnya sampai pada akhirnya Anda menemukan apartemen dengan harga dan fasilitas terbaik. 

4. Periksa Reputasi Pengembang

Sebelum memutuskan untuk membeli apartemen, sangat penting untuk memeriksa reputasi pengembang. Cari tahu tentang rekam jejak dan proyek-proyek sebelumnya yang telah dikerjakan oleh developer tersebut. 

5. Pertimbangkan Jenis Unit yang Dipilih  

Tipe apartemen sangatlah beragam. Oleh karenanya, tentukan tipe apartemen yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik dari segi ukuran, tata letak, maupun jumlah kamar. Tak lupa, pertimbangkan pula berapa banyak orang yang nantinya akan tinggal di unit apartemen Anda.  

6. Kunjungi Unit Secara Langsung

Periksa kondisi bangunan, fasilitas, dan lingkungan sekitar. Hal ini penting untuk memastikan bahwa apartemen dalam kondisi baik dan sesuai dengan deskripsi yang diberikan.

7. Cek Fasilitas Pendukung 

Ada macam-macam fasilitas apartemen yang umumnya ditawarkan, mulai dari taman terbuka hijau, jogging track, kolam renang, dan sebagainya. Periksa seberapa baik kondisi fasilitas yang ada. Fasilitas yang lengkap akan meningkatkan kenyamanan tinggal Anda di apartemen tersebut.

8. Periksa Legalitas dan Dokumen

Pastikan bahwa apartemen berstatus legal dan memiliki dokumen sah sesuai ketentuan hukum Jangan lupa, periksa IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan dokumen lain yang relevan. Legalitas yang jelas akan menghindarkan Anda dari masalah hukum atau sengketa terkait unit yang nanti akan ditempati. 

9. Konsultasi dengan Notaris atau Ahli Hukum

Jika merasa diperlukan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu terkait  rencana pembelian Anda dengan notaris atau ahli properti untuk memastikan semua dokumen dan proses berjalan sesuai hukum. 

10. Pertimbangkan Metode Pembiayaan

Cara beli apartemen cukup variatif. Ada orang yang lebih suka langsung membayar lunas, ada juga yang membayar dengan cara cash bertahap atau kredit. Meski begitu, metode pembayaran yang paling umum adalah kredit. 

Untuk kredit apartemen, Anda dapat mengajukan KPA (Kredit Pemilikan Apartemen) ke bank terpercaya. Bandingkan suku bunga, tenor, dan persyaratan dari beberapa bank untuk mendapatkan penawaran terbaik yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

11. Negosiasi Harga

Jangan ragu untuk menawar harga dengan pengembang. Anda pun juga dapat menanyakan promo atau diskon yang sedang berlangsung dari developer apartemen. Negosiasi yang baik dapat menghemat biaya pembelian secara signifikan, lho! 

12. Lakukan Perhitungan Simulasi Pembayaran

Sebelum menandatangani perjanjian, lakukan perhitungan simulasi pembayaran untuk memastikan bahwa Anda mampu membayar cicilan bulanan (jika membeli dengan metode KPA) beserta biaya bulanan tinggal di apartemen lain, contohnya Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL)

Cara ini akan membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih baik dan menghindari keterlambatan pembayaran.

13. Tanda Tangani Perjanjian Jual Beli

Setelah semua pengecekan selesai dan harga disepakati, tanda tangani perjanjian jual beli di hadapan notaris. Cek kembali apakah semua ketentuan sudah tertulis dengan jelas dan lengkap untuk menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

14. Lakukan Pembayaran dengan Aman

Lakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati. Gunakan metode pembayaran yang aman dan transparan untuk menghindari penipuan.

15. Proses Serah Terima

Tahap yang paling terakhir adalah proses serah terima unit. Durasi proses serah terima unit sendiri bisa sangat beragam, mengingat terkadang ada unit yang belum siap 100 persen untuk ditempati. 

Anda dan developer dapat melakukan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) apartemen. PPJB akan “mengikat” unit yang Anda pilih, di mana unit tersebut tidak akan dijual atau diserahkan kepada pihak lain. 

Sementara itu, pihak developer tentu tetap membangun unit yang Anda beli. Nantinya Anda bisa langsung menempatinya begitu unit selesai dibangun. 

Itulah panduan singkat cara beli apartemen yang perlu Anda ketahui. Selalu pastikan Anda melakukan riset yang menyeluruh dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. 

Anda yang mencari apartemen mewah di tengah Jakarta Selatan dapat memilih Asthana Kemang. Di Asthana Kemang, terdapat unit apartemen one bedroom, 2BR, dan 3BR dengan fasilitas yang lengkap. Asthana Kemang pun memiliki akses transportasi umum yang strategis serta mudah dijangkau.